Ticker

6/recent/ticker-posts

Berikut Peredam Knalpot Motor dan Bagaimana cara kerjanya? Ini Ulasanya


Peredam adalah bagian dari sepeda motor yang sangat penting, mari kita jalankan sepeda motor tanpa peredam untuk memahami pentingnya bagian ini terlalu berisik pereda membantu mengurangi tingkat volume suara secara drastis, kita akan memahami fisika lengkap peredam suara modern dalam video ini menggunakan analogi yang menarik, pertama-tama mari kita pahami bagaimana suara dihasilkan dan disebarkan.


Partikel udara di sekitar speaker ini berada pada tekanan normal ketika diafragma bergerak ke kanan satu lapisan partikel udara akan bertabrakan dengan lapisan berikutnya, dan proses ini berlanjut sekarang anda bisa melihat lapisan partikel udara yang terkompresi, namun udara pada dasarnya bersifat elastis artinya selalu ingin kembali ke posisi semula, karena itulah setelah menempuh jarak tertentu ke arah kanan lapisan pertama partikel udara kembali ke posisi semula, ketika partikel suara melanjutkan proses ini anda bisa melihat fenomena yang indah anda bisa melihat lapisan udara terkompresi bergerak maju.


Ini adalah bagaimana gelombang suara merambat tidak pernah ada aliran partikel menuju telinga anda atau partikel udara hanya berovulasi dalam posisi rata-ratanya, amplitudo gelombang suara ditandai dengan jelas di sini, mari kita ganti partikel udara ini dengan pita tekanan untuk kemudahan visualisasi, pada mesin sepeda motor anda mungkin berpikir proses pembakaran menimbulkan kebisingan mari kita periksa, selama pembakaran bola api yang mengembang dengan kecepatan tinggi menabrak partikel udara di dekatnya.


Tabrakan ini cukup untuk memulai perambatan gelombang suara seperti yang kita lihat sebelumnya, namun mayoritas suara yang kita dengar bukan dari proses pembakaran ini melainkan dari knalpot mengejutkan bukan, alasannya adalah selama pembakaran silinder benar benar tertutup karena gelombang suara ini sebagian besar diserap oleh silinder sehingga bergetar, pertanyaannya adalah bagaimana kenalpot menghasilkan kebisingan itu mari kita lihat


Tekanan gas buang hampir empat kali lipat dari udara di sekitarnya, artinya ketika katup buang terbuka gas gas ini tiba tiba masuk ke manipol dan menabrak partikel udara, karena itulah pada situasi seperti ini akan menghasilkan gelombang suara jadi casing mesin berbeda dengan petasan atau senjata api yang sumber suaranya berasal dari pembakaran, gelombang suara ini kemudian menghantam gendang telinga anda dan bergetar.


Getaran ini dikirim ke otak anda dan anda mendengar suaranya, inilah pertanyaan yang menarik menurut anda apa yang berubah dari gelombang suara untuk membuatnya lebih keras atau lebih lembut, ya amplitudo saat pengendara motor berakselerasi anda mendengar suara yang lebih keras ini karena semakin banyak bahan bakar yang dibakar tekanan gas buang juga meningkat


Semakin tinggi tekanan buang akan semakin banyak pergerakan partikel udara di dekatnya ketika katup kenalpot terbuka atau timbulnya gelombang suara dengan amplitudo yang lebih tinggi, menurut undang undang kendaraan bermotor setiap kebisingan kendaraan harus dibatasi hingga delapan puluh desibel untuk mencapai itu mari gunakan fiberglass berpori di jalur aliran kenalpot untuk menyerap gelombang suara untuk memahami bagaimana fiberglass ini mengurangi suara pertama lihat contoh ayunan ini, jika anda mendorong anak pertama akan mendorong anak kedua dan seterusnya mentransfer energi tanpa meninggalkan tempatnya mirip dengan perambatan suara.


Idealnya semua ayunan ini menempuh jarak yang sama tidak ada kehilangan energi, sekiranya anda ingin mengurangi amplitudo osilasi ayunan, jika kita memasang dinding beton di antara mereka gerakan ayunan sepenuhnya terhalang, kita tidak ingin menghalangi gerakan mereka sekarang mari kita letakkan dinding karet yang sedikit fleksibel di antara mereka seperti yang anda lihat sebagian energi ayunan akan terserap di setiap tahap oleh dinding karet dan sebagian gaya akan ditransfer.


Jarak yang ditempuh oleh setiap ayunan kemudian terus berkurang inilah yang kita inginkan pengurangan amplitudo tanpa menghalangi gerakan, hal yang sama terjadi dalam kasus fiberglass, di sini gelombang suara adalah perpindahan gerak antara ayunan dan serat berpori adalah dinding karet, serat ini menyerap gelombang tekanan dan pada saat yang sama tidak menghalangi aliran knalpot.


Saat aliran berlanjut amplitudo suara terus menurun membungkam suara, setelah menyerap energi dari partikel partikel ini serat mengubah energi ini menjadi panas dan memancarkan panas melalui penutup luar peredam, namun fiberglass ini tidak digunakan secara langsung seperti yang digambarkan apa anda tahu mengapa penyebabnya adalah tekanan balik pada mesin serat padat ini masih menghalangi sebagian gas knalpot sehingga mengurangi efisiensi mesin.


Jadi untuk menghindari hal ini lembaran fiberglass dililitkan di sekitar tabung berlubang, anda mungkin berpikir dengan desain ini bagaimana gelombang suara akan diserap, akankah gelombang suara keluar melalui lubang pusat inilah triknya, amati jalur yang diambil gas knalpot di dalam muffler ini kenalpot ini membentuk pusaran yang mengalir melalui lubang tabung ke dalam fiberglass.


Yang terpenting adalah gelombang suara selalu merambat bersama fluida, jadi gelombang suara lewat dengan cara ini dan dibungkam lebih jauh di dalam bahan serat seperti yang dijelaskan sebelumnya, desain kenalpot semacam ini dikenal sebagai tipe penyerapan dan paling baik untuk sepeda motor, jika sepeda motor anda berisik mungkin sudah saatnya mengganti bahan fiber gelasnya terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar